Pabrik Wajit Andalkan Bahan Baku Dari Luar, Kades Ini Keluarkan Bibit-bibitan

/ Indra P . Roni S

Beben, Kades Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), saat di jumpai di kantornya, Kamis 27 Juli 2017. Konten Jabar

BANDUNG BARAT – Pemerintah Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (Jabar), akan tetap menjaga amanah dan fokus membangun desa agar lebih makmur guna membantu masyarakat dalam roda perekonomiannya masing-masing. Dan juga, akan menerapkan beberapa bentuk kegiatan, salah satunya dengan membuka koperasi. Kata Beben, Kepala Desa Batulayang tersebut, saat di wawancara wartawan Kontenjabar.com di kantornya, Kamis 27 Juli 2017.

Program tersebut Beben berujar, yakni akan memberikan bibit pepaya kepada warga tanpa di pungut biaya sepeserpun. selain bibit pepaya, ada juga yang di beri bibit ikan dan sayuran. Misalnya, tomat, pisang, kelapa dan wortel, yang nantinya kalau di tekuni, bisa di jadikan salah satu penghasilan oleh warga. Apalagi di wilayah Cililin ini ada perusahaan pabrik wajit, cuma perusahaannya tidak berkembang pesat, karena setiap bahan baku wajitnya hanya mengandalkan dari luarkota. Contohnya gula merah pengirimmannya dari daerah Cirebon,  ketan dan kelapa dari Tasikmalaya, bahkan daun jagung pun di kirim dari Jawa Tengah. Maka dari itu, saya selaku Kepala Desa di sini ingin memajukan perusahaan pabrik wajit tersebut, agar bahan bakunya tidak lagi mengandalkan dari luar kota, yakni dari masyarakat setempat.

“Kami akan menerapkan program-program itu kepada masarakat yang khususnya para petani untuk membudayakan bibit itu. Dari mulai pohon kelapa dan jagung, beras ketan dan yang lain-lainnya untuk membantu khusnya pabrik-pabrik wajit yang ada di Cililin ini, agar bahan bakunya tida mengandalkan dari luar kota, juga bisa menjadi penghasilan bagi warga masyarakat setempat di sini.” Katanya.

Bahkan, di katakan Beben, untuk kedepannya sudah merencanakan ingin membangun wisata alam, yang salah satunya kini sudah berdiri hasil di bantunya oleh jajaran Karang Taruna, yakni landasan GANTOLE yang berada di Desa Batulayang ini. Kata Beben.

(Indra Permana / Roni Sahroni)

Editor : Deni

 

 

Kontenjabar.com

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: , , ,

Related For Pabrik Wajit Andalkan Bahan Baku Dari Luar, Kades Ini Keluarkan Bibit-bibitan