Yang Tadinya di Anggap Hama, Eceng Gondok Kini Jadi Penghasilan

Eceng Gondok yang kini menjadi salah satu penghasilan warga di Desa/Kec Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Konten Jabar / Indra P . Roni S

BANDUNG BARAT – Wisata alam Situ Saguling yang berada di wilayah Desa/Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat (Jabar). Selain ikannya yang cukup melimpah, bahkan di sisi lain banyak masyarakat yang memanpaatkan limbahnya, yakni Eceng Gondok untuk di jadikan bahan utama pembuatan karpet lantai dan tas hasil kerajinan tangan.

Salah satunya adalah Indra, warga Kampung BBC, RT 02/07, Desa Cihampelas tersebut, yang menjadi salah seorang pengrajin limbah eceng gondok.

“Kebanyakan masarakat mengira tanaman eceng gondok itu adalah hama bagi perternak ikan di Situ Saguling. Alhamdulillah dengan terbeuntuknya Koperasi Bangkit Bersama Desa Cihamplas, dan atas adanya sumbangsih dari program Corforate Sosial Resvon Siybility (CSR) PT. INDONESIA fower uf Saguling, Masyarakat Kampung BBC mempunyai lahan pencaharian baru, caranya dengan bekerja di koperasi itu,” kata Indra kepada Kontenjabar.com di lokasi koperasi, Selasa 24 Juli 2017.

Untuk pemasaran hasil kerajinan tangannya kata Indra, alhamdulillah sekarang sudah mencapai ke berbagai daerah yang salah satunya adalah ke Bali, Kalimantan dan Batam. Masyarakat pun cukup  merasa terbantu dengan terbeuntuknya koperasi itu, karena yang tadinya eceng gobdok itu di anggap hama oleh masyarakat, sekarang alhamdulilah bisa di kumpulkan dan di jual melalui koperasi. Bahkan perharinya memerlukan 5 hingga 6 kuintal bahan eceng gondok untuk memenuhi pesanan dari luar kota.

(Indra Permana / Roni Sahroni)

Editor : Deni

 

 

Kontenjabar.com

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: , , ,

Related For Yang Tadinya di Anggap Hama, Eceng Gondok Kini Jadi Penghasilan