Massa Diprediksi Ribuan, Polisi Siap Amankan Sidang Vonis Ahok

Sidang ke-16 terkait perkara dugaan penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta. Konten Jabar / Dokumentasi. Merahputih.com

JAKARTA – Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Selatan, telah menyiapkan pengamanan terkait sidang vonis kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Sidang vonis tersebut akan di gelar di Gedung Auditorium Kementerian Pertanian, Jalan RM Harsono, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa 09 Mei 2017.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, Ribuan personel pengamanan telah di siapkan untuk mengantisipasi pengamanan, baik jalannya sidang maupun mengawal rencana aksi unjuk rasa di depan Gedung Kementerian Pertanian (Kemtan).

“Personel ribuan. Antisipasi pengamanan tetap sesuai dengan SOP-SOP (standar operasional prosedur) yang sudah kita lakukan. Jalan di depan kita tutup, sterilasi gedung utama, pemeriksaan pengunjung sidang, menempatkan anggota-anggota di dalam maupun di luar Kementan,” ujar Argo kepada Senin 08 Mei 2017.

Dikatakan Argo, Massa pro dan kontra yang akan menggelar aksi unjuk rasa di perkirakan mencapai ribuan orang.

“Jumlah massa kemungkinan ribuan. Saya belum tahu pasti jumlahnya. (Surat pemberitahuan sudah ada?) Biasanya sudah ada, tapi nanti saya cek apakah sudah masuk atau belum,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara mendapat pengamanan melekat.

“Dapat pengamanan. Hakim dan jaksa kita lakukan pengamanan,” katanya.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Purwanta mengatakan, Kepolisian bakal memperketat pengamanan sidang vonis Ahok.

“Agak diperketat pengamanan di dalam dan di luar ruang sidang. Anggota melakukan pemeriksaan menggunakan sekuriti door di pintu masuk. Massa yang boleh masuk sesuai dengan yang sudah kami tentukan sebelumnya. Jumlahnya sama baik yang pro dan kontra,” jelasnya.

Ia menuturkan, Sistem pengamanan tetap seperti sebelumnya sesuai SOP menggunakan pola ring di lokasi. Ring satu di dalam ruang sidang, ring dua sekitar Auditorium Kementan, ring tiga di halaman Kementan, dan ring empat di luar Gedung Kementan.

“Standar pengamanan ring tetap dilakukan. Namun, jaraknya kemungkinan akan diperluas. Jumlah personel juga ditambah mengingat kemungkinan massa yang datang akan lebih banyak. Namun, jumlahnya saya belum bisa pastikan karena baru akan rapat siang siang ini,” tandasnya.***

(Deni)

 

 

BeritaSatu.com

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: , ,

Related For Massa Diprediksi Ribuan, Polisi Siap Amankan Sidang Vonis Ahok