Desa Cijulang Gelar Sosialisasi BUMDES di Saung Tani

Sosialisasi BUMDES yang di gelar Desa Cijulang, Kec Cihaurbeuti, Kab Ciamis, di salah satu saung tani termasuk desa tersebut, Jum’at 04 Agustus 2017. Konten Jabar / Wawan K . Sendi F

CIAMIS – Program sosialisasi BUMDES yang di laksanakan Desa Cijulang, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar), untuk kelompok usaha tani yang di laksanakan di tempat cukup sederhana, yakni di Saung Tani Lungguh blok Eretan di desa tersebut.

Pada kesempatan itu, Abah Ade selaku sesepuh kelompok tani tersesebut mengatakan, harapan besar pada program BUMDES di tahun 2017 ini, yakni harus adanya pinjamaman untuk para pelaku usaha tani, khusuanya untuk permodalan penanaman palawija, penanaman kangkung dan jenis ketimun. Jangan hanya saja di kembangkan untuk para pedagang kecil, agar nantinya perputaran simpan pinjam dari BUMDES tersebut dapat meningkatkan perkembangan perekonomian para petani hususnya untuk permodalan palawija. ujar Abah Ade, di lokasi sosialisasi itu, Jum’at 04 Agustus 2017.

Sementara, Ketua BUMDES Desa Cijulang tersebut, Handi menuturkan, untuk permodalan BUMDES di tahun 2017, kami akan menggulirkan atau penyertaan modal dana untuk penanaman palawija bagi para petani, dana yang akan di agendakan tersebut sebesar Rp. 21 Juta yang akan di salurkan terhadap empat kelompok tani dengan jenis tanaman yang berbeda. Di harapkan juga, agar segera terbentuknya kelompok tani yang sekarang di rencanakan oleh para kelompok tani yang bersungguh-sungguh. jelasnya.

Di katakan Handi, untuk yang tiga kelompok yang berdomisili di wilayah Cikole blok Eretan Paselon, Desa Cijulang yang di bawahi oleh Abah Dede, yang akan menanam palawija, ketimun, luas lahan tanahnya sekitar kurang lebih 100 bata. Kami berharap, program yang akan di laksanakan tersebut dapat berjalan lancar, dan mudah-mudahan dengan adanya program untuk pengembangan modal penanaman palawija itu, kami seluruh pengurus BUMDES dapat lebih belajar dalan bercocok tanam. Katanya.

Handi menambahkan, keseluruhan permodalan untuk BUMDES di tahun 2017 ini, sekitar 50 Jutaan yang akan kami gulirkan terhadap permodalan, yang di antanya, untuk permodalan jenis perdagangan Rp.13 Juta, untuk membuat Akte Notaris Rp.6 Juta, dan untuk sarana prasarana Rp.10 Juta, di tambah untuk permodalan-permodalan penanaman palawija para petani. Semoga program kami ini berjalan lancar, dan dapat meringankan perekonomian masayarakat Desa Cijulang, serta kamipun berharap dukungan dari Pemerintahan Daerah (Pemda) mengenai program kami ini. ujar Handi.

(Wawan Kurniawan / Sendi Fitriana)

Editor : Deni

 

 

Kontenjabar.com

Print Friendly, PDF & Email
Be Sociable, Share!
tags: , , , ,

Related For Desa Cijulang Gelar Sosialisasi BUMDES di Saung Tani