Dandim 0624/Kab Bandung Menggelar Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024

KAB. BANDUNG,||KONTENJABAR.COM – Guna mewujudkan Pesta Demokrasi (Pemilu) tahun 2024 Provinsi Jawa Barat yang aman dan berintegritas, Dandim 0624/Kab. Bandung, Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, S.E., M.I.P, melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai di Makodim 0624/Kab. Bandung, pada Senin, 6 November 2023.

Kegiatan ini juga melibatkan berbagai unsur, diantaranya 15 Danramil Kodim 0624/Kab. Bandung, KPU, Bawaslu, Perangkat daerah, Kasatpol PP, Partai Politik Peserta Pemilu, Forum Kemitraan Bakesbangpol serta Ipakad.

Deklarasi Pemilu Damai ini diikuti oleh setiap Kodim se-Jawa Barat, yang dilaksanakan serentak secara Vicon atau Konferensi Video, bersama Kasad yang berpusat di Islamic Center, Kab. Ciamis.

Bacaan Lainnya

Komitmen deklarasi damai ini dituangkan dalam bentuk penandatanganan deklarasi Pemilu Damai yang diawali oleh Dandim 0624/Kab. Bandung, dilanjutkan KPU, Bawaslu, perwakilan Partai Politik, dan lainnya.

Dandim 0624/Kab. Bandung, Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, S.E., M.I.P, dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari dilakukannya Deklarasi Pemilu Damai ini, Selain menyukseskan Pemilu Serentak, juga menciptakan adanya Pemilu yang berintegritas serta menciptakan situasi aman, damai dan kondusif.

Selain itu, menurutnya, dengan adanya kerjasama semua pihak, pengamanan pemilu damai ini bisa berjalan dengan lancar.

“Kami sebagai aparat pengaman, baik TNI-POLRI, tidak mungkin bisa mengamankan pemilu damai ini dengan baik dan kondusif, tanpa keterlibatan Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian (tamu undangan yang hadir),” imbuhnya.

Dandim Hamzah menambahkan, meskipun Kabupaten Bandung masuk kedalam ranking 3 zona rawan, ia berharap pada saat pelaksanaan bisa berjalan dengan aman.

Baca Juga  Pemkot Bandung, KPU dan Bawaslu Tandatangani Kesepakatan Dana Hibah Pilkada Serentak 2024

“Kami harap angka tersebut tidak membuat kita semua menjadi paranoid, karena pada fakta di lapangan baik-baik saja dan aman, itu harapan kita semua,” ucapnya.

Sedangkan Perwakilan KPU Kabupaten Bandung, Ahmad menyampaikan, Deklarasi Pemilu Damai ini sebagai upaya menyamakan tekad dan semangat menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 yang damai, bermartabat dan berkualitas, sebagai tolak ukur kedewasaan demokrasi.

“Deklarasi ini harapannya benar-benar menjadi komitmen kita bersama dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh oleh seluruh partai peserta Pemilu. Semoga pada saat pelaksanaan pemilu nanti terselenggara dengan sukses tanpa ekses,” harapnya.

Adapun isi deklarasi pemilu damai Tahun 2024, Kab. Bandung antara lain sebagai berikut:

Kami Peserta Pemilu Tahun 2024 Kab. Bandung / Dengan ini menyatakan:

1. Akan melaksanakan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif, untuk mewujudkan demokrasi yang bermartabat.

2. Akan mematuhi dan mentaati segala bentuk peraturan dan ketentuan yang berlaku, serta menyelesaikan permasalahan tahun 2024, sesuai dengan koridor hukum.

3. Menolak upaya-upaya yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat, dan menghindari kegiatan yang bersifat provokatif, menghasut, ujaran kebencian, serta tidak menggunakan isu sara dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024.

*4. Akan menciptakan situasi dan kondisi tetap kondusif di wilayah hukum Polresta Bandung

Reporter : Nadilla
Editor : Bella/ Humas

Pos terkait