Bimtek Pemberdayaan Masyarakat Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Siapkan Kader Destana Yang Tangguh

KAB BANDUNG,||KONTENJABAR.COM – Pananjung BPBD Kabupaten Bandung Melaksanakan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Masyarakat Desa Tangguh Bencana (Destana) Kegiatan di laksanakan di Desa Pananjung dan peserta diikuti oleh Staf Desa Pananjung, Karang Taruna, PKK, BPd dan Linmas Kecamatan Cangkuang

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska Puji Utama Kepala Desa Pananjung Hj.Iis, Camat Cangkuang Dartika S.T P.M.M , Aspemkesra Drs H Ruly Hadiana S.Sos.M.Ipol. untuk Narasumber dari FRB (Forum Pengurangan Resiko Bencana) dan BPBD Kabupaten Bandung. Senin (20/11/2023)

Uka Suska Menuturkan Destana merupakan Desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi bencana bencana. Untuk bisa menjadi Destana, Desa harus berfungsi dengan cepat dari berbagai bencana bencana.

Bacaan Lainnya

Desa yang bisa disebut ketangguhan bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan di wilayahnya. Mampu mengorganisasikan dirinya dengan segenap sumber daya yang dimiliki kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. “Harus memiliki kader Destana,” jelasnya.

Kader Destana yang sudah menghantarkan, dibentuk dan ditetapkan wajib memiliki tiga hal dasar. Yakni harus mewujudkan segala bencana yang ada di wilayahnya, terdepan yang terjadi bencana, dan mampu melakukan proses pemulihan”ucapnya

Diharapkan, kader Destana bisa menyiapkan diri dan membagi ilmu yang dimiliki kepada masyarakat lainnya. Sehingga masyarakat bisa menganalisa dan mengantisipasi bencana bencana yang mungkin terjadi.

“Melalui pelatihan ini saya berharap kader yang mampu mengkaji, menganalisis, mengurangi risiko-risiko di wilayah masing-masing dengan sumber daya lokal,” imbuhnya.

Mari jaga diri dan sesama, saling tolong menolong menangani Bencana maupun Virus yang sedang mewabah saat ini.
Bersama kita pasti bisa”katanya.

Baca Juga  Panwaslu Kecamatan Soreang Telah Laksanakan Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Reporter : Gugum GW
Editor : Kurniawan

Pos terkait