Bupati Bandung: Anggaran Infrastruktur Ditambah Menjadi Rp500 Miliar Pertahun

KAB BANDUNG,||KONTENJABAR.COM -Dalam Rangka  Peringati Hari Bakti PU ke-78, Bupati Bandung Apresiasi Kinerja DPUTRPemkab Bandung Siap Anggarkan Rp500 MIliar Pertahun untuk Infrastruktur

Kabupaten Bandung, Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengapresiasi kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Bandung yang selalu bergerak cepat dalam merespon informasi dari masyarakat.

“Saya sangat salut atas kinerja DPUTR karena setiap ada informasi dari masyarakat langsung gercep ditindaklanjuti,” kata Bupati Bandung saat menghadiri Hari Bakti PU ke-78 di Kantor DPUTR Kabupaten Bandung Soreang, Rabu (13/12/2023).

Bacaan Lainnya

Salah satu yang ditunjukan DPUTR yang ber-tagline “Tanggap, Tangguh, Andalan” ini adalah hal-hal terkait penanggulangan bencana, selain perbaikan infrastruktur. DPUTR juga menyiapkan anggaran pekerjaan mendesak apabila sewaktu-waktu dibutuhkan pembiayaan untuk perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana.

 “Anggaran pekerjaan mendesak ini sewaktu-waktu dibutuhkan yang sifatnya urgen untuk masyarakat karena Kabupaten Bandung ini menjadi salah satu daerah rawan bencana,” kata bupati.

Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU yang jatuh setiap tanggal 3 Desember ini, Bupati Bedas tersebut juga berpesan agar DPUTR terus meningkatkan profesionalisme dan kapasitas SDM-nya serta memahami digitalisasi.

“Jadi, SDM di DPUTR ditingkatkan kapasitasnya, terutama kaitan dengan infrastruktur. Anggaran infrastruktur juga akan ditambah tahun depan hingga Rp500 miliar dari APBD 2024,” ungkap Kang DS, sapaan Dadang Supriatna.

Kang DS menghitung untuk perbaikan jalan kabupaten sepanjang 1.160 km dibutuhkan anggaran sebesar Rp1,8 triliun. Jika ingin diselesaikan dalam lima tahun perbaikan jalan ini, maka dibutuhkan anggaran Rp500 miliar setiap tahunnya.

Baca Juga  Kang DS Ajak Bobotoh dan Warga Bandung Nobar di Halaman Kantor Pemkab Bandung

Menurutnya, pembangunan infrastruktur perlu lebih ditingkatkan lagi untuk meningkatkan daya saing daerah dan pertumbuhan ekonomi. 

“Insya Allah, ke depan khusus DPUTR kita anggarkan untuk infrastruktur Rp500 miliar per tahun agar bisa mempermudah dan mempercepat perbaikan jalan di Kabupaten Bandung, supaya semua ruas jalan kabupaten berstatus jalan mantap,” ucap Kang DS.

Sedangkan sepanjang tahun 2023 ini Pemkab Bandung telah melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 268 km yang menjadi penghubung dan peningkatan mobilitas perekonomian dan pariwisata. 

Selain itu infrastruktur lainnya juga telah meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum layak dengan telah terpasangnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) sebanyak 9.236 sambungan rumah.

“Kita harus melanjutkan pembangunan infrastruktur berbagai layanan masyarakat, seperti pembangunan rumah sakit di mana kita sudah menyelesaikan dua buah rumah sakit di tahun 2022 dan tahun 2023 ini juga dua buah rumah sakit dan insyaallah sisanya di Januari 2024 kita mulai pembangunannya,” kata bupati.

Terkait peringatan Hari Bhakti PU ke-78, Bupati Bandung menuturkan peringatan ini untuk mengenang jasa pahlawan 7 orang dari Gerakan Pemuda Pekerjaan Umum yang gugur pada 3 Desember 1945 saat mempertahankan Gedung Sate Bandung dari serangan NICA Belanda. Gedung Sate saat itu menjadi Kantor Departemen PU.

“Tentu kita sebagai generasi penerusnya harus menghormati jasa para pahlawan dengan terus bekerja keras penuh dedikasi dengan melakukan pembangunan di bidang konstruksi dan melayani masyarakat,” kata Kang DS.

Kepala DPUTR Kabupaten Bandung, Zeis Zultaqwa menambahkan, peringatan Hari Bakti PU tentu saja menjadi penyemangat bagi PUTR dalam memberikan pelayanan infrastruktur bagi masyarakat

“Karena itu kami memilik tagline ‘Tanggap, Tangguh, Andalan’ agar nilai-nilai ini menjadi karakter kami dalam melayani masyarakat. Kami melakukan kegiatan siaga 24 jam untuk dapat melakukan quick response dalam melayani masyarakat,” kata Zeis

Baca Juga  Maharaja Rilis Single “Cintaku Sedalam Cintamu”, Sentuh Pop Orkestra Bergaya Eropa


Reporter : Gugum GW

Editor :  Kurniawan

Pos terkait