Forum TBM Sumbar Kukuhkan Kepengurusan Baru Periode 2023 – 2028

BUKIT TINGGI,||KONTENJABAR.COM – Forum Taman Bacaan Masyarakat Sumatera Barat (Forum TBM Sumbar) mengukuhkan kepengurusan baru peiode 2023 – 2028. Acara pengukuhannya digelar pada Selasa (9/1/2024) di Lantai Dasar UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Bukittinggi.

Suasana acara pengukuhan Kepengurusan Wilayah Forum Taman Bacaan Masyarakat Sumatera Barat Periode 2023 – 2028 dan Talkshow Literasi. (Dok. Istimewa)

Acara pengukuhan kepengurusan baru Forum TBM Sumbar tersebut dihadiri pejabat pemerintah dan stakeholder lain secara daring dan luring. Pejabat yang hadir secara luring antara lain: Kepala Balai Bahasa Sumatera Sumatera Barat : Dr. Eva Krisna, M.Hum., Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Fadrizal), Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Padang Panjang, Pasaman, Payakumbuh, Bukittinggi), Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Sumatra Barat / PD IPI Sumbar (Muhammad Fadli, M.I.Kom). Undangan lain mengikuti pengukuhan melalui daring.

Ketua Pengurus Pusat Forum TBM Indonesia, Opik pada kata sambutannya dalam acara tersebut mengatakan, “Pengurus wilayah Forum TBM Sumbar kami kukuhkan berdasarkan hasil musyawarah besar pada 3 Desember 2023 yang dihadiri 3 pengurus daerah, Padang Panjang, Pasaman, dan Agam.”

Bacaan Lainnya

Opik juga mengatakan, Forum TBM Sumbar baru memiliki tiga kepengurusan daerah. Forum TBM Sumbar pada kabupaten dan kota lainnya di Sumbar belum memilik kepengurusan daerah karena mengurus Forum TBM adalah kerja pengabdian, kerja sosial.

Ketua Forum TBM Sumbar periode sebelumnya, Yusrizal KW pada kata sambutannya mengatakan, “Saya optimis pengurus wilayah Forum TBM Sumbar periode 2023-2028 bisa berbuat lebih banyak untuk gerakan di Sumatera Barat. Sebab person-person yang ada di pengurusan adalah figure-figur yang punya rekam jejak aktivitas di daerahnya masing-masing. Saya mohon maaf atas kekurangan kepengurusan masa saya 2015-2020. Semestinya pergantian pengurus wilayah Sumatera Barat dilakukan pada tahun 2020. Karena satu dan lain hal, akhirnya pada ujung tahun 2023 lalu berhasil dibentuk.”

Baca Juga  Dinas Pertanian Terus Berupaya Meningkatkan Kesejahteraan Para Petani

Yusrizal KW berpesan,.“Begerak bersama. Branding Forum TBM secara masif secara bersama-sama. Bukan ‘branding’  diri demi kepentingan sendiri melalui  Forum TBM.”

Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat, Dr. Eva Krisna pada kata sambutannya mengatakan, “Balai Bahasa Sumatera Barat menyambut baik terbentuknya pengurus wilayah Sumatera Barat. Harapannya, ke depannya banyak program yang bisa disinergikan.”

Ketua PD IPI Sumbar, Muhammad Fadli, M.I.Kom pada kata sumbutannya mengatakan, “Ikatan Pustawakan Indonesia wilayah Sumatera Barat siap untuk bergandengan tangan dalam aktivitas penyadaran  arti penting bacaan dan ilmu pengetahuan di tengah masyarakat.”

Fadrizal mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat pada kata sambutannya mengatakan, “Forum TBM adalah teman seiring  mewujudkan  tujuan pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa.”

Ketua Pengurus wilayah Forum TBM Sumatera Barat 2023-2028, Hasan Achari Haharap pada kata sambutannya mengatakan, Forum TBM merupakan mitra pemerintah untuk mewujudkan cita-cita masyarakat yang cerdas. Posisinya sejajar dan saling mengisi. Program pemerintah tentunya saling beririsan dan bersentuhan dengan kegiatan taman baca yang ada di masyarakat. Hal ini disampaikan Hasan Achari Haharap sebagai ketua pengurus wilayah Forum TBM Sumatera Barat 2023-2028. Pada kesempatan itu juga ia menerangkan bahwa pengurus periode ini punya banyak pe-er ke depannya.

“Pengurus Forum TBM Sumatera Barat 2023-2028 punya banyak pe-er ke depannya. Di antara pe-er tersebut yaitu menginisiasi terbentuknya pengurus daerah di 16 kabupaten/kota yang pada periode 2015-2020 belum memiliki kepengurusan. Selain itu, ketidakadaan database  dan pemetaan TBM Se-Sumatera Barat akan jadi prioritas kerja masa kepengurusan kali ini. Prioritas kerja lainnya yakni  mengadvokasi dan pendampingan pendirian TBM oleh masyarakat serta mendorong pemerintah untuk menjadikan gerakan minat baca sebagai program prioritas yang termaktub dalam RPJMD. Kami berharap seluruh stakeholder bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan Forum TBM Sumatera Barat” kata Hasan Achari Haharap menutup rangkaian kata sambutan pada acara tersebut atas pengukuhan dirinya sebagai Ketua Forum TBM Sumbar Periode 2023 – 2028,  beserta 13 pengurus lainnya.

Baca Juga  Demi Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif, Dandim 0624/Kab Bandung Pantau Situasi Kamtibmas Malam Tahun 2024

Seusai pengukuhan, dilanjutkan dengan acara Talkshow Literasi yang mengusung tema  “Berkolaborasi dan Bersinergi Membangun Masyarakat yang Literat. Talkshow tersebut menampilkan pembicara; Yusrizal K.W, Dr. Eva Krisna, M.Hum., dan Hasan Achari Harahap.

Denni Meilizon sebagai moderator berhasil mengatur ritme talkshow tersebut dengan menggilir beberapa pertanyaan yang diberikan kepada masing-masing pembicara. Ia mulai dengan mengulik pengalaman Yusrizal K.W dalam merintis dan menggagas kegiatan-kegiatan kampanye kesadaran arti penting bacaan di tengah masyarakat. Kegiatan yang berasaskan pelibatan dan kepartisipasian masyarakat sebagai syarat utamanya. Mulai dari program Padang Membaca, Orang Kaya Buku, Wakaf Buku, hingga ide pembentukan TBM Tanah Ombak atau pun Bukik Ase.

Denni Meilizon juga memancing Kepala Balai Bahasa Sumatera  Barat Dr. Eva Krisna, M.Hum untuk mau bercerita panjang terkait program-program lembaga tersebut yang beririsan langsung dengan kerja-kerja TBM. Dengan Hasan Achari Harahap, Denni Meilizon hanya memantik apa saja point-point rencana kerja pengurus wilayah Forum TBM Sumbar ke depan. Acara tersebut ditutup dengan foto bersama bagi yang hadir langsung di ruangan acara pengukuhan. 

Reporter  : Muhammad Fadhli
Editor : Kurniawan

Pos terkait