Usai Vicon Bersama KSAD, Dandim 0624/Kab Bandung Tinjau Lokasi Pompa Hidram Bantuan Pangdam III/Siliwangi

KAB BANDUNG,||KONTENJABAR.COM – Komandan Kodim (Dandim) 0624/Kab Bandung, Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, S.E, melaksanakan giat Vicon bersama KSAD dalam rangka launching program TNI AD Manunggal Air di Wilayah Halmahera Tengah, yang bertempat di Desa Panenjoan, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Selasa, 6 Februari 2024.


Hadir pula pada Vicon tersebut, Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Cristian Gordon Rambu, Pasiter Kapten Inf Yudi Komara, serta tamu undangan lainnya.

Usai Vicon, Dandim 0624/Kab Bandung meninjau langsung lokasi pembangunan pompa hidram, yang merupakan bantuan dari Pangdam III/Siliwangi.

Bacaan Lainnya

“Selamat siang, hari ini saya sedang meninjau di Kp. Bojong Jambu, Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka, dimana tempat ini dibangunkan atas bantuan Bapak Pangdam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Eewin Djatniko, 2 buah pompa hidram,” ucapnya.

Dandim menjelaskan, telah disiapkan 2 toren besar dengan kapasitas masing-masing 5000 liter untuk mengairi 40 Hektar sawah, dengan kemampuan menarik air 15 liter/menit.

“Pompa hidram ini diambil dari sungai atau bendungan yang ada di bawah, untuk menarik air ke atas, dengan kemampuan menarik air 15 liter/menit. Disini disiapkan 2 toren besar dengan kapasitas masing-masing toren 5000 liter, jadi totalnya ada 10.000 liter untuk mengairi sawah-sawah yang ada diatasnya, sekira 40 Hektar sawah,” jelasnya.

Dandim pun berharap, dengan adanya pompa hidram ini bisa meningkatkan produktivitas masyarakat dalam menanam padi.

“Selama ini sawah ini merupakan sawah tadah hujan, saat musim kemarau sebelum adanya pompa hidram tidak bisa ditanami, jadi hanya bisa diolah kalau ada hujan, dengan adanya pompa hidram ini diharapkan masyarakat bisa menarik air dari bawah yang saat musim kemarau pun tidak pernah surut, dan diharapkan kedepan, dalam satu tahun masyarakat bisa menanam padi 3 kali,” tukasnya.

Baca Juga  DALAM RANGKA JUM.AT BERKAH DAN SEKTOR 6 CITARUM. HARUM.MEMBERI BANTUAN PAPINGBLOK KEPADA MESJID ALWAHYI

Reporter : Nadila
Ediitor : Kurniawan

Pos terkait