Komite Pencegahan Korupsi Jawa Barat ( KPK jabar) setda Kab Sukabumi Apresiasi  Dinas Pendidikan  Adanya Pengembangan Ruangan Literasi  Di Satuan Pendidikan.

KAB SUKABUMI,||KONTENJABAR.COM –  Lembaga komite pencegahan korupsi Jawa Barat ( KPK jabar)setda kab sukabumi. Menurut UNESCO, literasi adalah seperangkat keterampilan yang nyata, terutama dalam membaca dan menulis yang terlepas dari konteks diperoleh oleh siapa dan dari siapa.

Sedangkan menurut Education Development Center, literasi lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis,  literasi adalah kemampuan individu dalam menggunakan potensi dan kemampuan yang dimiliki di dalam hidupnya, dengan memahami literasi sebagai kemampuan dalam membaca kata dan membaca dunia.

Salah satu jenis literasi yang ada di sekolah adalah Literasi Perpustakaan. Literasi Perpustakaan adalah kemampuan dalam memahami dan membedakan karya tulis yang berbentuk fiksi maupun non-fiksi. Kemudian memahami cara menggunakan catalog dan indeks, juga kemampuan memahami informasi ketika membuat suatu karya tulis dan karya ilmiah.           

Bacaan Lainnya

Literasi Perpustakaan ini dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuannya untuk berkarya, contohnya dalam menulis karya tulis fiksi maupun non-fiksi, dan karya ilmiah. Dengan seringnya siswa datang keperpustakaan, banyak referensi yang dapat dikumpulkan oleh siswa. Referensi ini dapat membantu siswa dalam membuat sebuah karya.

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar dalam mendukung pencapaian hasil belajar siswa  berkualitas. Sebagai sumber belajar keberadaan perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan para pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik untuk memperluas dan memperdalam pengetahuannya.

Penyelenggaraan perpustakaan sekolah bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan bahan-bahan pustaka juga dapat membantu siswa dan guru menyelesaikan tugas dalam proses pembelajaran.

E. Suhendi ketua KPK jabar setda kabupaten Sukabumi meminta tanggapan kepada pihak dinas pendidikan kabupaten  Sukabumi  dimana memberikan penjelasannya terkait dengan SMPN 1 Cisolok, SMPN 1 Cisolok itu salah satu sekolah yang menjadi skala prioritas dinas pendidikan kabupaten Sukabumi terutama di bagian sarprasnya,
kenapa menjadi prioritas karena sekolah ini di tambah berada di pinggir jalan raya dan daerah tersebut berada di daerah wisataa yang menjadi salah satu aitem kab Sukabumi,

Baca Juga  VICON Gernas Hanpangan Jajaran TNI, Dandim 0624/Kab Bandung: Kekuatan Paling Besar Adalah Kekuatan Rakyat

Nah sekolah ini juga diharapkan bisa bersaing dengan sekolah sekolah di wilayah lain dalam hal memberikan pelayanan pendidikan, didasari hal tersebut maka dinas pendidikan kab Sukabumi melalu seksi sarana prasarana bidang SMP kami berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk membuat fasilitas literasi atau ruang literasi ini untuk meningkatkan tingkat siswa di SMPN 1 Cisolok dan diharapkan ini bisa sesuai dengan program pemerintah pusat,

Dalam hal membuat ruang literasi untuk siswa ini kami beralih operasi supaya ruang literasi ini nyaman di gunakan oleh siswa, sekaligus juga bisa meningkatkan daya tarik bagi calon siswa di daerah sekitar, dari dua hal inilah kemudian tercipta plaza literasi di lantai 2 dari satu sisi hal tersebut meningkatkan penampilan SMPN 1 Cisolok dari bagian depan, di sisi lain kita juga meningkatkan tempat literasi siswa dengan program pemerintah pusat.

Kemudian untuk perpustakaan nya sendiri kita masih menggunakan perpustakaan lama nah ini untuk ruang literasi nya kita merehab ruang  baru ruang sebter terbuka, jadi nanti SMPN 1 Cisolok ini bisa dibilang punya tambahan ruangan perluasan dari perpustakaan yang lama. Pungkas kasi sarpras bidang SMP disdik kabupaten Sukabumi.

Reporter : Bustomi – JH
Editor : Kurniawan

Pos terkait