Pemkab Bandung Berharap PWI Kedepan Semakin Profesional dan Bermartabat

KAB. BANDUNG. KONTENJABAR.COM – Bupati Bandung Dadang Supriatna mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus PWI dan IKWI Kabupaten Bandung masa bakti 2023-2026. Berharap PWI semakin maju, bermartabat dan profesional dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari.

Bupati Bandung mengungkapkan bahwa PWI sebagai organisasi kewartawanan, tentunya sebagai corong untuk menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada PWI yang selama ini sudah memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada publik. Tentunya tanpa bantuan insan pers, kami dari Pemkab Bandung tidak ada apa-apanya. Keberadaan insan pers sangat dibutuhkan dalam menyampaikan informasi,” kata Bupati Dadang didampingi Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo dan Dandim 0624/Kabupaten Bandung Letkol Inf Tinton Amin Putra dalam keterangannya usai menghadiri pelantikan pengurus PWI dan IKWI Kabupaten Bandung di Gedung Dharma Wanita Soreang, Rabu (29/5/2024).

Bacaan Lainnya

Didampingi Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Bandung Yosep Nugraha, Dadang menuturkan dalam menyikapi Indonesia Emas tahun 2045, pihaknya sudah merencanakan berbagai ikhtiar dan langkah-langkah yang sudah dimasukkan dalam dokumen RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kabupaten Bandung tahun 2025-2045.

“Ada lima hal yang harus kita suguhkan kepada publik. Terutama dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang profesional dan paham tentang IT (Informasi dan Teknologi),” kata Dadang.

Tentunya, imbuh Bupati Bedas ini, tidak bisa dihindari masalah digitalisasi dan transformasi, terutama dalam pengalihan industri pertanian dan sebagainya, mengingat semuanya sudah digitalisasi.

Baca Juga  Kunjungan Kerja Menteri ATR/BPN ke Kantor Pertanahan Kab. Bandung, AHY Bagikan Sertifikat Tanah

“Termasuk kemarin sudah launching dan langsung dibuka oleh Pak Presiden, bahwa kita sudah saatnya untuk satu aplikasi. Namanya Ina Digital. Dengan itu diharapkan setiap instansi dan setiap dinas tidak boleh ada dua aplikasi, cukup dengan satu aplikasi Ina digital. Mohon ini diinformasikan kepada publik, sehingga pelayanan baik kepada kementerian bisa satu aplikasi atau satu titik,” kata Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna.

Kang DS menilai bahwa rencana Presiden ini sangat luar biasa karena dapat memangkas anggaran yang sangat besar, yaitu mencapai Rp. 6,2 triliun.

“Kita Kabupaten Bandung yang salah satunya kemarin diundang ke Istana, insya Allah sesuai instruksi Bapak Presiden tentunya kita akan laksanakan. Mohon bantuan ke teman-teman insan pers, untuk bisa mengawal program ini langsung perintah dari Bapak Presiden. Kenapa? Karena kita jangan sampai egosektoral. Tentunya, NKRI yang harus kita amankan dan kita kawal untuk kemajuan Indonesia kedepan,” tuturnya.

Kang DS mengatakan selama ini Pemkab Bandung melalui Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian, semua insan pers diajak berkolaborasi dalam konteks hal positif.

“Untuk memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada publik, termasuk anggaran, program dan sebagainya. Selama ini, alhamdulillah kolaborasi ini berjalan dengan baik. Termasuk ada input, masukan, kritikan dan sebagainya salah satu bahan untuk bisa mengevaluasi sehingga Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung ini bisa menyelesaikan persoalan-persoalan,” tutur orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini.

Kang DS mengatakan sebagai manusia biasa, tentunya tidak ada yang sempurna, masih ada kekurangan dan juga hal-hal yang harus diselesaikannya.

“Mudah-mudahan dengan adanya kolaborasi ini bisa terus berjalan dan terjalin, sehingga komunikasi dua arah bisa disampaikan kepada publik secara profesional,” katanya.

Baca Juga  Terungkap Pada Rembug Bedas, Warga: Program Prioritas Bupati Bandung Dilanjutkan

Kang DS juga berharap kepada PWI dapat meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk menyampaikan informasi berkualitas melalui program pembangunan pemerintah daerah Kabupaten Bandung.

“Di era globalisasi, insan pers memiliki peran penting mencerdaskan, edukasi, dan inspirasi bagi masyarakat,” katanya.

Masyarakat sangat membutuhkan informasi. Untuk itu, kita selaku pers berperan penting sebagai media pendidikan dan aspek penting kehidupan negara, sosial, ekonomi dan negara.

“PWI sebagai mitra kerja pemerintah, bisa membantu menginformasikan melalui program pembangunan di Kabupaten Bandung,” katanya.

Ia mengucapkan terima kasih atas kontribusinya dan menyampaikan informasi yang berimbang, serta sebagai kontrol sosial yang bisa dipertanggungjawabkan.

Kang DS pun berharap kepada insan pers untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional tahun 2024.

“KPU sudah menetapkan tanggal 27 November 2024 pelaksanaan Pilkada Serentak Nasional. Masyarakat bisa mendapatkan informasi sejelas-jelasnya, terkait pelaksanaan Pilkada Serentak itu. Sukseskan Pilkada Serentak di Kabupaten Bandung. Diharapkan, Pilkada Serentak bisa berjalan lancar, damai, langsung, umum, bebas dan rahasia,” tuturnya.

“Terima kasih, semoga dalam kesempatan ini PWI tetap jaya dan diberikan keberkahan oleh Alah SWT,” imbuhnya.

Demikian pula yang dikatakan Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung H. Yosep Nugraha. Yosep mengucapkan selamat kepada pengurus PWI dan IKWI Kabupaten Bandung yang baru saja dilantik. Ia berharap PWI semakin maju sesuai dengan visi PWI yaitu spirit kebangsaan, kebebasan, dan kreatif digital.

“Kami berharap PWI kedepan semakin profesional, dan bermartabat. Bukan sekedar membangun kemampuan dalam bidang jurnalis, tetapi harus membangun nilai-nilai sehingga memiliki manfaat yang lebih besar bagi kemajuan bangsa, dan negara Indonesia, terutama untuk Kabupaten Bandung yang kita cintai ini,” katanya.

Reporter : Yudika/Kur/Ummy

Pos terkait