Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Bangun Irigasi Tingkatkan Produktivitas.

KAB SUKABUMI,||KONTENJABAR.COM– Dinas pertanian kab Sukabumi Sebagai penunjang untuk meningkatkan hasil pertanian, keberadaan saluran irigasi memiliki posisi yang sangat penting. Saluran irigasi yang bagus akan menunjang peningkatan hasil pertanian sehingga perekonomian nantinya akan terus berjalan dan berkembang.

Hal ini yang mendorong Pemerintah Desa cileungsing kec Cikakak kab Sukabumi untuk terus mengupayakan adanya bantuan untuk pembangunan saluran irigasi. Salah satunya adalah melalui Pelaksanaan Program Pembangunan irigasi pertanian Tahun Anggaran 2024 dari APBD dinas pertanian kab Sukabumi untuk para petani di desa cileungsing, yang tergabung dalam kelompok tani mekarsari.

“Saluran irigasi yang dibangun di cileungsing. Pekerjaan sendiri dilakukan secara kontrak tual oleh rekanan CV,” ungkap salah seorang, sebagai tokoh masyarakat di desa cileungsing, kec Cikakak kab Sukabumi, sabtu (01/06/2024).

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan pembangunan saluran irigasi ini telah dilaksanakan sejak bulan Mei 2024.

“Agar saluran irigasi tetap bisa digunakan dengan baik,seyogyanya semua pengguna air melakukan perawatan secara rutin membersihkan saluran-saluran irigasi ini dari sampah dan benda-benda yang dapat merusak bangunan saluran air,” harap ketua poktan mekarsari Dalam Pelaksanaan Proyek Pembangunan Saluran Irigasi.

Kades cileungsing, H. Asep menyambut baik bantuan saluran irigasi ini. Ia berharap nantinya pembangunan serupa dapat dilakukan di saluran lainnya, sehingga dapat memaksimalkan hasil pertanian para warga.

“Bisa lebih menyejahterakan masyarakat cileungsing khususnya dan warga masyarakat pada umumnya,” tukas H. Asep.

Warga desa cileungsing juga menyambut positif pembangunan saluran irigasi ini. Tokoh salah satu warga menyebutkan bahwa dengan adanya pembangunan ini, dia bersama petani lainnya akan lebih mudah dan cepat dalam melakukan pengairan di sawahnya.

Baca Juga  DUGAAN PUNGLI OLEH OKNUM DISHUB DI TERMINAL PELABUHANRATU

“Kami lebih mudah dan cepat dalam hal pengairan tanaman di sawah kami, yang sebelumnya memang mengalami kesulitan, terutama pada saat musim kemarau, air sudah habis terserap di tanah karena jauhnya jarak sumber air dengan sawah kami. Pembangunan ini benar-benar sangat membantu kami,” ungkap seorang tokoh masyarakat.

Bustomi – JH

Pos terkait